Kamis, 21 April 2016


Resep Gulai Cumi Cumi

Bahan-bahan / Bumbu-bumbu :
Bahan utama:

Cumi-cumi segar sebanyak 5 ekor
Tomat sayur sebanyak 3 buah
Santan kental sebanyak 500 ml
Daun kunyit sebanyak 1 lembar
Serai sebanyak 1 batang (putihnya saja, memarkan)
Air perasan jeruk nipis sebanyak 1 sendok makan
Minyak goreng secukupnya
Gula pasir sebanyak 1 sendok teh
Garam sebanyak 1 sendok teh

Bahan untuk bumbu halus:

Bawang merah 8 butir
Bawang putih 4 siung
Cabai merah besar 5 buah
Ketumbar bubuk 1 sendok teh
Jahe 1 cm
Kemiri 5 butir
Kunyit 1 cm
Garam 1 sendok makan

Cara Membuat :

Resep gulai cumi-cumi pertama yaitu bersihkan cumi-cumi dari kulit ari dan kantung tintanya. Setelah itu bilas sampai benar-benar bersih lalu sisihkan terlebih dahulu.
Setelah dicuci, rebuslah cumi-cumi selama kurang lebih 10 menit. Tambahkan garam pada air yang digunakan untuk merebus cumi-cumi tersebut. Setelah 10 menit, angkat dan tiriskan terlebih dahulu cumi-cumi tersebut.
Resep gulai cumi-cumi berikutnya yaitu haluskan semua bahan bumbu sampai benar-benar halus. Setelah itu tumis menggunakan minyak goreng secukupnya, masukkan serai dan juga daun kunyit. Aduk-aduk sampai bumbu mengeluarkan bau harum, tambahkan air perasan jeruk nipis.
Jika bumbu sudah matang, Anda dapat menuangkan santan ke dalam wajan. Jangan lupa untuk mengaduk terus santan tersebut agar santannya tidak pecah. Setelah itu, masukkan gula dan masak sampai santannya mendidih.
Jika santan sudah mendidih, Anda dapat memasukkan cumi-cumi yang sudah direbus ke dalam kuah gulai. Setelah itu masukkan juga tomat, masak gulai cumi-cumi tersebut menggunakan api kecil. Tunggulah selama beberapa menit kemudian matikan kompor.
Jika semua langkah-langkah resep gulai cumi-cumi tersebut sudah Anda lakukan, Anda dapat segera menyajikannya. Sajikanlah selagi masih hangat, jika sudah dingin Anda dapat menghangatkannya terlebih dahulu sebelum disajikan.

IMPACT RADIO ROHANI

IKLAN

WWW.AXELLA-RESEP.BLOGSPOT.COM)

IKLAN

WWW.AXELLA-RESEP.BLOGSPOT.COM)

Total Tayangan Halaman

Popular Posts

Blog Archive