Minggu, 03 Juli 2016

PIE SUSU

Bahan :
- 90 gr margarin
- 1 sdm gula pasir halus
- 150 gr terigu
- 1 kuning telur
- 1/4 sdt garam halus

Filling Susu :
- 5 kuning telur
- 3 putih telur
- 65 gr gula pasir halus
- 1/3 kaleng susu kental manis
- 100 ml susu cair
- 65 ml air
- 1/2 sdt vanili
- 2 lembar pandan, sobek sobek

Cara membuat :
  1. Kulit pie : campur terigu, gula halus, garam, aduk rata. Masukkan margarin, aduk dengan menggunakan ujung jari/pisau pastry sampai berbutir butir halus dengan ujung jari. Masukkan kuning telur aduk lagi hingga tercampur rata berbutir halus (jangan diuleni). Satukan adonan menjadi satu gumpalan besar. Bungkus cling wrap, pipihkan sedikit. Simpan di kulkas selama 15 menit.
  2. Siapkan loyang pie bulat 18 cm. Giling adonan pie hingga tipis sesuai lingkar loyang dilebihkan untuk bagian sisinya. Masukkan ke dalam loyang pie. Tusuk tusuk dan panggang selama 15-20 menit dengan api 175C. Kalau menggelembung, keluarkan dan tusuk bagian yang menggelembung. Masukkan lagi.
  3. Filling susu : sambil menunggu kulit pie dipanggang, masak air dan gula serta pandan sampai mendidih. Aduk aduk, matikan api. Saring. Masukkan susu cair, dinginkan.
  4. Kocok lepas telur, tuang ke dalam larutan gula. Aduk rata. Saring. Tambahkan vanili dan susu kental manis. Aduk hingga rata.
  5. Siapkan panci berisi  air untuk mengetim. Setelah air mendidih turunkan apinya. Tim bahan filling. Aduk aduk hingga adonan susu terasa panas. Jangan terlalu lama karena adonan akan matang dan mengental. Yang penting adonan isi sudah panas.
  6. Tuang bahan filling ke dalam kulit pie. Panggang selama 20 menit dengan api 150C. Turunkan api menjadi 130C lanjutkan memanggang selama 20 menit lagi. Angkat, biarkan dingin atau permukaan sudah set tidak goyang goyang lagi.
  7. Nikmat disajikan dalam keadaan dingin.

IMPACT RADIO ROHANI

IKLAN

WWW.AXELLA-RESEP.BLOGSPOT.COM)

IKLAN

WWW.AXELLA-RESEP.BLOGSPOT.COM)

Total Tayangan Halaman

Popular Posts

Blog Archive