Minggu, 03 Juli 2016

Donat (metode water roux)

Water roux :
- 50 gr tepung terigu protein tinggi
- 250 ml air

Bahan :

- 300 gr tepung protein tinggi
- 300 gr tepung protein sedang
- 120 gr gula pasir
- 2 sdm susu bubuk full cream
- 1 butir telur + 1 kuning telur
- 10 gr ragi instan
- 200 gr water roux
- 170 - 200 ml air hangat (kira kira )
- 75 gr margarin
- 1 sdt garam

Taburan :
- gula pasir

Cara membuat :
  1. Water roux : dalam panci, campur air dan tepung terigu. Aduk rata sampai halus dan tidak bergerindil. Masak dengan api sedang sampai kental. Jangan sampai mendidih. Sisihkan hingga dingin.
  2. Roti : tuang semua bahan kering kecuali margarin dan garam ke dalam mixer. Masukkan campuran water roux, air dan telur ke dalamnya. Nyalakan mixer dan proses hingga kalis. Tambahkan margarin dan garam lalu mixer lagi sampai elastis. Bisa juga dilanjutkan menggunakan tangan agar teksturnya bisa terasa kalau sudah elastis. Kalau terlalu kering bisa ditambahkan sedikit air, tapi kalau terlalu lembek bisa ditambahkan sedikit tepung (sedikit itu ngga sampai lebih dari 50 gr lho ya nati adonan akan keras)
  3. Tutup dengan cling wrap dan fermentasikan sampai mengembang 2x lipat. Kempeskan lalu ambil masing masing adonan 30 gr atau 40 gram. Bentuk bulat semua adonan sampai habis, fermentasikan sekitar 45 menit.
  4. Setelah mengembang, libangi tengahnya dan goreng donat dalam minyak panas sedang. Jangan terlalu besar apinya, karena donat akan cepat gosong bagian luar dan dalamnya mentah. 
  5. Untuk menciptakan motif cincin di sekeliling donat, donat jangan dibolak balik dan disiram siram minyak. Cukup balik satu kali masing masing sisi sampai berwarna kecoklatan lalu angkat. Api yang terlalu panas juga membuat motif cincinnya tidak muncul karena minyak panas menimbulkan banyak gelembung gelembung minyak di sisi sisi donat.

IMPACT RADIO ROHANI

IKLAN

WWW.AXELLA-RESEP.BLOGSPOT.COM)

IKLAN

WWW.AXELLA-RESEP.BLOGSPOT.COM)

Total Tayangan Halaman

Popular Posts

Blog Archive