Sabtu, 25 Juni 2016

Japanese Roll Cake

Bahan :
Adonan I
- 5 butir kuning telur 

- 50 gr gula pasir
- 40 cc minyak goreng
- 60 cc air
- 80 gr tepung terigu

Adonan II
- 150 gr putih telur
- 40 gr gula pasir
- 15 gr tepung maizena
- 1/2 sdt garam 

- 1/2 sdt vanili

Adonan untuk membuat motif :
- 40-50 gr putih telur
- 10 gr gula pasir
- 5 gr tepung maizena


Filling :
Selai strawberry

Cara Membuat :

  1. Panaskan oven dengan suhu 170 - 175 derajat celcius. Siapkan 1 buah loyang ukuran 22X22X5cm atau 1 buah ukuran 24X24cm (bila ingin agak tipis cakenya). Poles bagian bawah dan pinggiran loyang tipis saja dengan sedikit butter/margarin (hanya untuk melengketkan kertas roti saja). Lalu beri alas kertas roti pada bagian dasar dan pinggiran loyang, tidak usah dipoles mentega/margarin lagi. Buat motif yg diinginkan di alas loyang yang telah dialasi kertas roti. 
  2. Buat bahan adonan I . Kocok kuning telur, vanili dan gula pasir hingga mengembang kental. Kocok speed sedang, tambahkan minyak goreng hingga habis, kocok hingga rata, tambahkan air sedikit demi sedikit, kocok rata. Masukkan tepung terigu, sambil tetap dikocok speed sedang, kocok hingga rata dan kental. Sisihkan.
  3. Buat adonan motif. Kocok putih telur dan sebagian gula pasir hingga mengembang, tambahkan sedikit lagi hingga habis sisa gula pasirnya, sambil tetap dikocok speed sedang, kocok hingga mulai soft peak. Masukkan tepung maizena ke dalamnya, kocok sebentar hingga tercampur rata kental/soft peak, jangan sampai hardpeak. Matikan mixer. 
  4. Ambil sebagian adonan I, kira kira 4-5 sendok makan, masukkan ke dalam adonan bahan untuk membuat motif, aduk ringan merata. Bagi menjadi 4 bagian. Beri pewarna merah, merah muda, hijau dan plain. Aduk rata. Masukkan ke dalam piping bag. 
  5. Gambar motif strawberry dimulai dengan titik titik putih lalu daunnya lalu gradasi merah di pinggir lalu strawberrynya, panggang motif selama 1 menit. Keluarkan dan sisihkan.
  6. Buat adonan II. Kocok putih telur + sebagian gula pasir + garam hingga mengembang, tambahkan sisa gula pasir, kocok lagi hingga soft peak. Masukkan tepung maizena, kocok rata.
  7. Ambil sebagian adonan putih telur (adonan II), masukkan ke dalam adonan I, aduk balik. Tambahkan sisa semua adonan II, aduk balik hingga rata.
  8. Ambil loyang yang telah diberi motif, tuangkan adonan cake di atasnya. Ratakan, hentakkan pelan beberapa kali loyang adonan untuk meratakan adonan hingga ke dasarnya dan menghindari udara yang terperangkap supaya tidak muncul gelembung.
  9. Panggang dengan suhu sekitar 170-175 derajat celcius kurang lebih 15-20 menit hingga matang kecoklatan permukaannya.
  10. Setelah matang, keluarkan cake dari loyang, lepas kertas roti hati-hati, biarkan hingga dingin/uap panas hilang. 
  11. Saat cake sudah dingin. Poles bagian permukaan atas cake (bagian yg kecoklatan) dengan bahan filling, lalu gulung rapi, bungkus rapat dengan kertas roti penggulungnya. Simpan sejenak di lemari es hingga set. Siap disajikan.

IMPACT RADIO ROHANI

IKLAN

WWW.AXELLA-RESEP.BLOGSPOT.COM)

IKLAN

WWW.AXELLA-RESEP.BLOGSPOT.COM)

Total Tayangan Halaman

Popular Posts

Blog Archive