Minggu, 26 Juni 2016

Triple Chocolate Mouse Cake

Cake dasar :
-
66 gr unsalted butter
- 125 gr gula pasir halus
- 25 gr cokelat bubuk
- 1 butir telur
- 28 gr dark chocolate, lelehkan
- 105 gr tepung protein sedang
- 1/2 sdt baking powder
- 1/4 sdt soda kue

- 1/8 sdt garam
-
60 ml air
-
60 ml susu cair

 
Dark chocolate mousse :
- 1 sdt gelatin bubuk halal

- 2 sdm air
- 105 ml susu cair

- 175 gr dark chocolate (atau bisa diganti milk chocolate jika suka), cincang halus
- 280 gr krim kental (aku pake Anchor)


White chocolate mousse :
- 1 sdt gelatin bubuk halal
- 2 sdm air
- 105 ml susu cair

- 175 gr white cooking chocolate, cincang halus
- 280 gr krim kental

Glaze :
- 250 gr dark chocolate, cincang halus
- 100 ml krim kental


Cara membuat :
  1. Cake : Siapkan loyang kotak 22cm yang sudah dioles dan dialas kertas roti. Panaskan oven di 325F. Lelehkan cokelat dengan cara ditim. Sisihkan. Kocok butter, gula dan cokleat bubuk dengan mixer kecepatan sedang sampai mengembang. Tambahkan telur kocok sampai rata. masukkan cokelat leleh kocok dengan mixer kecepatan rendah sampai rata. Cokelat harus dalam keadaan hangat karena kalau terlalu panas butter akan meleleh tapi kalau terlalu dingin cokelat akan membeku kembali sehingga bergerindil ketika dikocok. Tambahkan bahan campuran tepung, baking powder, soda kue dan garam yang sudah diayak. Aduk rata. Campurkan air dan susu cair lalu panaskan tapi tidak mendidih, tuang ke dalam adonan cake dan aduk asal rata. Tuang ke dalam loyang lalu panggang selama sekitar 15 menit atau sampai ditusuk, sudah tidak melengket lagi. Setelah kue dingin potong potong dengan cutter bulat lalu taruh dalam ring bulat ukurannya sesuai selera. Aku menggunakan mika yang dibentuk tabung dan diplaster.
  2. Cokelat mouse : campur 2 sdm air matang ke dalam gelatin, aduk rata biarkan selama 5 menit. Panaskan susu cair hingga hampir mendidih. Angkat lalu turunkan gelatin, aduk rata sampai gelatin larut. Siram larutan susu ini ke dalam cincangan dark coklat. Aduk sampai cokelat leleh dan licin. Kocok krim kental sampai soft peak (jangan sampai hard peak karena cokelat akan susah tercampur). Campur dengan cokelat leleh dan aduk sampai rata. Tuang ke atas cake dasar. Dinginkan di freezer sambil menunggu pembuatan white mouse.
  3. White mouse : campur 2 sdm air matang ke dalam gelatin, aduk rata biarkan selama 5 menit. Panaskan susu cair hingga hampir mendidih. Angkat lalu turunkan gelatin, aduk rata sampai gelatin larut. Siram ke dalam cincangan white coklat. Aduk sampai leleh dan licin. Kocok krim kental sampai soft peak. Campur dengan white cokelat leleh dan aduk sampai rata. Tuang ke atas lapisan mouse cokelat. Bekukan.
  4. Glaze : panaskan krim kental asal panas, angkat. Masukkan cincangan cokelat, aduk sampai rata dan licin. Tuang di atas white mouse. Simpan sebentar di freezer, setelah set simpan dalam kulkas. Siap dihias dengan dekorasi white cokelat. Kalau menggunakan ring, gampang melepasnya dari cetakan. Gosok gosokkan tangan ke sekeliling cutter. Suhu tubuh yang hangat lama kelamaan akan melelehkan pinggiran mouse dan terlepas sendiri. kalau menggunakan mika langsung saja dilepas perlahan. Pertama buka dulu mikanya dengan cutter. Pelan pelan tarik mikanya sampai terbuka seluruhnya.


IMPACT RADIO ROHANI

IKLAN

WWW.AXELLA-RESEP.BLOGSPOT.COM)

IKLAN

WWW.AXELLA-RESEP.BLOGSPOT.COM)

Total Tayangan Halaman

Popular Posts

Blog Archive