Minggu, 26 Juni 2016


Blueberry Streussel Bread, Chocolate Cream Cheese and Coffee Bun

Di bawah ini  resep roti yang aku pakai ya...

Water roux :
- 50 gr tepung terigu protein tinggi
- 250 ml air

Bahan :
- 400 gr tepung protein tinggi
- 200 gr tepung protein sedang
- 120 gr gula pasir
- 2 sdm susu bubuk full cream
- 1 butir telur + 1 kuning telur
- 10 gr ragi instan
- 200 gr water roux
- 175 - 200 ml air hangat
- 80 gr margarin
- 1 sdt garam

Bahan Pelengkap :
- selai blueberry
- filling creamcheese ( lihat di sini)
- streussel 

Streussel ( aduk sampai menjadi butiran yang kecil)  :
- 50 gr butter
- 35 gr gula halus
- 10 gr susu bubuk
- 75 gr terigu protein rendah

Cara membuat :
  1. Water roux : dalam panci, campur air dan tepung terigu. Aduk rata sampai halus dan tidak bergerindil. Masak dengan api sedang sampai kental. Apabila diaduk menggunakan sendok kayu kelihatan jejak sendoknya di dasar. Jangan sampai mendidih. Sisihkan hingga dingin.
  2. Roti : tuang semua bahan kering kecuali margarin dan garam ke dalam mixer. Masukkan campuran water roux, air dan telur ke dalamnya. Nyalakan mixer dan proses hingga kalis. Tambahkan margarin dan garam lalu mixer lagi sampai elastis. Bisa juga dilanjutkan menggunakan tangan agar teksturnya bisa terasa kalau sudah elastis. Kalau terlalu kering bisa ditambahkan sedikit air, tapi kalau terlalu lembek bisa ditambahkan sedikit tepung.
  3. Tutup dengan cling wrap dan fermentasikan sampai mengembang 2x lipat. 
  4. Untuk roti cokelat isi creamcheese : ambil sepertiga adonan lalu beri pasta cokelat (dari 2 sdm cokelat bubuk yang diberi sedikit air hingga menjadi pasta). Uleni sampai rata. Setelah fermentasi pertama ambil masing masing 40 gram adonan, pipihkan, sendokkan bahan filling creamcheese lalu rapatkan dan bentuk bulat. Letakkan di atas loyang bersemir margarin. Sesaat ketika akan dipanggang olesi telur dan taburi streussel.
  5. Untuk blueberry streussel bread ambil 60 gram adonan lalu giling manjang dan bagi menjadi tiga tanpa putus ujung atasnya. Kepang lalu rapatkan ujungnya. Taruh dalam wadah kertas dan letakkan dalam loyang. Setelah mengembang olesi telur, taburi streussel dan beri selai blueberry.
  6. Untuk coffee bun nanti dishare kalo resepnya dah memuaskan ya.
  7. Fermentasikan selama kurang lebih 45 menit tergantung cuaca. Panggang selama sekitar 15 menit atau sampai atasnya kuning keemasan. Jangan lupa oven dipanaskan terlebih dahulu dengan api 200C atau 400F.

IMPACT RADIO ROHANI

IKLAN

WWW.AXELLA-RESEP.BLOGSPOT.COM)

IKLAN

WWW.AXELLA-RESEP.BLOGSPOT.COM)

Total Tayangan Halaman

Popular Posts

Blog Archive