Sabtu, 18 Juni 2016

Klappertart Pie

Bahan Pie :
- 100 gr mentega dingin
- 1/4 sdt garam
- 30 gr gula tepung
- 200 gr tepung protein sedang
- 1 kuning telur
- 2 sdm air es

Bahan filling :

- 500 ml susu cair
- 25 gr tepung maizena/custard
- 25 gr tepung terigu
- 50 gr gula pasir (sesuaikan selera)
- 1/2 sdt garam
- 3 kuning telur
- 200 gr kelapa muda parut panjang
- 75 gr kenari
- 50 gr kismis
- 1 sdm mentega
- 1/2 sdt vanili bubuk

Bahan Topping :

- 60 gr putih telur
- 10 gr gula pasir halus
- 1/2 sdt air jeruk lemon

Cara membuat :

  1. Pie : aduk rata tepung, gula dan garam. Masukkan mentega dingin. Aduk sampai berbutir-butir menggunakan sendok/garpu. Tambahkan kuning telur dan air es. Aduk asal rata. Satukan dengan tangan hingga menggumpal. Bungkus cling wrap dan simpan dalam lemari es selama 30 menit.
  2. Giling tipis adonan pie, cetak bulat dan pipihkan dalam loyang pie diameter 10cm. Tusuk-tusuk dengan garpu. Oven 15 menit sampai setengah matang dengan suhu oven 175 C yang telah terlebih dulu dipanaskan.
  3. Isi : Larutkan terigu, maizena, kuining telur dengan susu cair. Saring. Tambahkan gula pasir , vanila dan garam. Masak sambil diaduk terus sampai meletup letup, matikan api. Tambahkan mentega, aduk sampai leleh. Masukkan kenari, kismis dan kelapa muda.
  4. Tuang ke dalam pie. Oven lagi 20 menit dengan suhu yang sama sampai matang.
  5. Topping : kocok putih telur sampai setengah mengembang, masukkan gula pasir sedikit-sedikit sambil dikocok sampai kental. Tambahkan air jeruk lemon, kocok rata.
  6. Oleskan tidak beraturan di atas pie. Semprot dengan torch atau panggang di oven dengan mode broil/grill sampai atasnya kecoklatan.
  7. Angkat, taburi kayu manis bubuk.
Di atas ini adalah sisa pie yang aku hias dengan buah 'dengen' buah khas Sorowako tempat tinggalku. Cantik juga ya. Karena rasa dengen lumayan asem, jadi aku bikin kayak koktail pepaya. Direndam kapur sirih dulu sampai agak keras lalu aku masukkan ke dalam air gula mendidih. Udah deh, tinggal disaring dan dihias ke atas pie berisi fla.

IMPACT RADIO ROHANI

IKLAN

WWW.AXELLA-RESEP.BLOGSPOT.COM)

IKLAN

WWW.AXELLA-RESEP.BLOGSPOT.COM)

Total Tayangan Halaman

Popular Posts

Blog Archive