Sabtu, 18 Juni 2016

Kue Labu (kukus VS panggang)

Bahan :
- 600 ml santan kental (aku pake 300 ml santan 300 ml susu evaporated)
- 325 gr gula pasir
- 1 1/2 gelas labu kuning kukus yang dihaluskan
- 200 gr tepung maizena (kalau labu lembek dengan kadar air tinggi, terigu bisa ditambah)
- 2 sdm terigu
- 1/2 sdt vanili bubuk
- 5 butir telur
- 2 sdm mentega cair

Taburan (campur dengan sedikit tepung dan susu bubuk):
- kenari
- kismis

Cara membuat :
  1. Kocok telur, gula dan vanili hingga mengembang. Kecilkan kecepatan mixer. MAsukkan labu kukus halus. Kocok asal rata.
  2. Masukkan maizena dan terigu, aduk sampai rata. Tuangi susu dan santan, setelah itu mentega cair. Aduk asal rata.
  3. Tuang dalam loyang beroles margarin. Taburi kenari dan kismis. Kukus selama 45 menit sampai matang (lama waktu mengukus tergantung besar loyang, kalo loyangnya kecil bisa dikurangi waktunya). Cat : untuk yang dipanggang aku tuang ke dalam loyang bersemir margarin dan ditabur tepung terigu. Panggang dengan panas oven 175 C selama sekitar 45 menit sampai kecoklatan permukaannya. Pada waktu 30 menit pertama aku keluarkan, olesi telur dan ditaburi kenari dan kismis. lalu lanjutkan memanggang.

Ternyata setelah jadi...soal rasa jangan ditanya. Enaaak, gurih dan manis. Wangi kue yang dipanggang tercium ke seluruh ruangan. Dalam sekejap satu loyang habis oleh aku dan anak-anak. Total jadinya adalah 3 loyang ukuran kecil. Dua aku panggang, satu dikukus.

Tapi kayaknya *kayaknya sih* ada yang salah sama teksturnya. Adonan jadi terbagi 2. Bagian yang kental, banyak mengandung labu berada dibawah dan bagian yang lebih ringan berada di atas. Jadi kelihatan lapisan kuenya. Cantik juga...unik juga teksturnya. Yang bawah kayak kue lumpur, yang atas kayak cake...lucu deh pokoknya. But aku nggak tau...apa ini disebabkan kue yang seharusnya dikukus malah aku panggang, atau memang dah begitu teksturnya. Aku udah lupa, dulu mama bikinnya dah lama banget.


IMPACT RADIO ROHANI

IKLAN

WWW.AXELLA-RESEP.BLOGSPOT.COM)

IKLAN

WWW.AXELLA-RESEP.BLOGSPOT.COM)

Total Tayangan Halaman

Popular Posts

Blog Archive