Minggu, 19 Juni 2016


Loaf Bread (Water Roux Method)

Bahan Water Roux/ Tangzhong Starter :
- 100 gr tepung terigu protein tinggi

- 500 ml air


Bahan roti(A) :

- 240 gr water roux starter

- 220 ml air/susu cair (aku pake susu cair)

- 110 gr gula pasir

- 10 gr garam


(B)
:
- 500 gr tepung terigu protein tinggi

- 200 gr tepung terigu protein sedang

- 15 gr susu bubuk

- 11 gr ragi instan


(C)
:
- 60 gr minyak/ butter (aku pake butter)


Cara membuat :
  1. Water roux : dalam panci, campur air dan tepung terigu. Aduk rata sampai halus dan tidak bergerindil. Masak dengan api sedang sampai kental seperti di gambar. Jangan sampai mendidih. Sisihkan hingga dingin.
  2. Roti : tuang semua bahan kering kecuali butter ke dalam mixer. Masukkan campuran water roux dan air ke dalamnya. Nyalakan mixer dan proses hingga kalis. Tambahkan butter lalu mixer lagi sampai elastis. Bisa juga dilanjutkan menggunakan tangan agar teksturnya bisa terasa kalau sudah elastis. Kalau terlalu kering bisa ditambahkan sedikit air, tapi kalau terlalu lembek bisa ditambahkan sedikit tepung.
  3. Tutup dengan cling wrap dan fermentasikan sekitar 45 menit. Bagi adonan menjadi beberapa bagian tergantung mau dijadikan berapa roti. Aku membagi menjadi 1 bagian 500 gr, 1 bagian 400 gr untuk dijadikan roti tawar, dan sisanya aku bikin roti sobek isi ayam dalam loyang brownies. Masih ada sisa aku bikin roti isi keju dalam 4 cup. Untuk roti tawar, pipihkan dulu adonan menjadi persegi panjang lalu gulung memanjang seperti bolu dulung dan letakkan dalam loyang bersemir margarin.
  4. Fermentasikan selama kurang lebih 45 menit tergantung cuaca. Oles dengan telur atau susu evaporated lalu panggang sekitar 30 menit untuk roti tawar besar dan 20 menit untuk roti tawar kecil. Untuk roti sobek sekitar 15 sampai 20 menit. Untuk roti keju cup sekitar 15 menit. Semuanya dengan api 180 C.

IMPACT RADIO ROHANI

IKLAN

WWW.AXELLA-RESEP.BLOGSPOT.COM)

IKLAN

WWW.AXELLA-RESEP.BLOGSPOT.COM)

Total Tayangan Halaman

Popular Posts

Blog Archive