Minggu, 19 Juni 2016

Coffee Bun, Roti Sobek Pizza dan Roti Keju

Bahan roti:
- 400 gr terigu protein tinggi (cakra)

- 200 gr terigu protein sedang (segitiga biru)

- 120 gr gula pasir

- 1 sachet ragi instan

- 2 sdm susu bubuk

- 3 kuning telur

- 1 sdt garam halus

- 75 gr margarin

- 300 ml air hangat


Bahan isi :

- butter salted secukupnya, bekukan lalu bagi menjadi 10 kubus kecil (sekitar 5 gr each)
Topping kopi :
- 50 gr butter
- 40 gr gula halus
- 38 gr telur kocok
- 1 sdt kopi instant dilarutkan dengan 1 sdt air hangat
- sejumput bubuk kayu manis powder (optional)
- 50 gr tepung terigu (aku pake protein rendah)
Cara membuat :
  1. Masukkan ragi instan ke dalam 150 ml air hangat. Tambahkan 1/2 sdt gula pasir, aduk rata dan biarkan selama 15 menit.
  2. Campur semua bahan kering seperti terigu, gula, susu bubuk ke dalam wadah. Aduk rata.
  3. Masukkan kuning telur lalu mulai mengocok menggunakan mixer spiral. Turunkan sisa air yang 150 ml dan cairan ragi sambil terus dimixer sampai adonan agak rata. Masukkan garam dan mentega sambil terus dikocok sampai elastis. Cat: kalo menggunakan mixer Bosch cukup 10-15 menit dengan kecepatan no 3.
  4. Fermentasikan selama kurang lebih 30 menit dengan ditutup dengan kain lembab dan diletakkan di tempat yang bersuasana hangat (kalo aku taruh di deketnya ricecooker).
  5. Setelah mengembang 2x lipat kempeskan adonan. Untuk roti boy timbang masing-masing 40 gr. Sisanya dibentuk sesuai selera. Untuk roti sobek, ambil masing-masing 40 gr adonan sebanyak 5 buah dan isi dengan daging pizza dan sisipkan keju quick melt ditengahnya lalu tutup rapat bentuk panjang, susun di loyang brownies. Sewaktu mau dipanggang, olesi dengan telur lalu beri taburan oregano.
  6. Untuk roti boy, ambil satu bagian adonan, beri isi potongan butter yang sudah dibekukan, tutup rapat bentuk bulat jangan sampai bocor. Letakkan dalam loyang bersemir margarin.
  7. Fermentasikan kembali selama kurang lebih 45 menit atau mengembang 2x lipat.
  8. Topping kopi : kocok mentega dan gula halus sampai lembut. Tambahkan telur lalu larutan kopi. Kocok rata. Masukkan tepung terigu dan sedikit bubuk kayu manis. Masukkan dalam piping bag dan simpan dalam kulkas.
  9. Setelah roti boy mengembang, semprotkan bahan topping di atasnya melingkar rapat seperti obat nyamuk dimulai dari atas ke bawah. Panggang dengan suhu 200 C atau 400 F selama kurang lebih 12 menit sampai matang. Setelah dingin sisihkan sisanya dan simpan dalam wadah kedap udara. Taruh di kulkas, pada saat akan disajikan panaskan dulu dengan api tinggi 200 C (oven udah dipanaskan terlebih dahulu) selama sekitar 5-7 menit, roti akan lembut kembali dan toppingnya garing kembali.

IMPACT RADIO ROHANI

IKLAN

WWW.AXELLA-RESEP.BLOGSPOT.COM)

IKLAN

WWW.AXELLA-RESEP.BLOGSPOT.COM)

Total Tayangan Halaman

Popular Posts

Blog Archive