Kamis, 09 Juni 2016


Lemon Tart

Udah lama aku pingin buat lemon tart. Udah googling sana sini...malah jadi bingung, resepnya banyak dan beda-beda. Tapi rata-rata semua pakai krim kental. Masalahnya di tempatku jarang ada krim kental, and di kulkas cuma ada cream cheese. Jadinya aku ada ide tuk mengawin silangkan resep-resep tersebut sesuai bahan yang ada...dan hasilnya alhamdulillah... yummmmmiiiii tenan... menurutku ini pie terenak yang pernah kubuat. Wangi lemonnya...hmmm...

Pie :

- 75 gr salted butter

- 150 gr terigu protein sedang

- 1/4 sdt garam
- 3 sdm gula halus
- 1 kuning telur

- 1-3 sdm air es


Bahan filling :

- 125 gr gula pasir

- 125 gr creamcheese (suhu ruang)

- 50 ml susu cair

- 3 butir telur

- 1 sdm kulit jeruk lemon

- jus dari 2 lemon dan 1 jeruk sunkist

- 1 sdm maizena


Cara membuat :
  1. Kulit pie : aduk tepung, gula, garam sampai rata. Masukkan mentega dan aduk menggunakan pisau pastry sampai berbutir-butir (bisa menggunakan food processor). Tambahkan kuning telur, aduk lagi. Lalu masukkan air es sedikit-sedikit, aduk sampai menjadi gumpalan. Jangan diuleni karena teksturnya akan keras. Bungkus dengan cling wrap, pipihkan sedikit agar nanti gampang digiling. Simpan di kulkas selama 30 menit.
  2. Giling adonan pie. Ratakan di dasar cetakan pie diameter 22 cm. Tusuk-tusuk dengan garpu. Blind bake (taruh biji/kacang-kacangan di permukaan kulit pie yang sudah dialas kertas roti/wax paper) selama 15 menit dengan panas oven 180 C. Setelah setengah matang olesi dengan telur agar bahan filling nanti tidak bocor.
  3. Sementara itu kocok creamcheese dan gula pasir sampai lembut saja. Berturut-turut tambahkan telur, susu cair, air jeruk lemon dan sunkist, serta kulit jeruk lemon. Aduk rata menggunakan whisk. Jangan dikocok. Tambahkan maizena. Aduk sampai halus.
  4. Tuang di atas kulit pie yang sudah setengah matang. Panggang lagi dengan api 160 C selama 30 menit.
  5. Angkat. Hias sesuai selera.

IMPACT RADIO ROHANI

IKLAN

WWW.AXELLA-RESEP.BLOGSPOT.COM)

IKLAN

WWW.AXELLA-RESEP.BLOGSPOT.COM)

Total Tayangan Halaman

Popular Posts

Blog Archive