Jumat, 03 Juni 2016

SUS

Sus


Bahan kulit:
- 150 gr margarine
- 150 gr tepung terigu protein sedang
- 250 ml air
- 1/4 sdt garam
- 4 butir telur (5 butir kalau kecil)

Filling :
- 1/2 kaleng susu kental manis
- 600 ml air
- 6 sdm gula pasir (atau sesuaikan selera berdasarkan derajat kemanisan)
- 30 gr tepung custard/maizena
- 30 gr tepung terigu
- 1/2 sdt vanili bubuk
- 1 kuning telur
- 1 sdm salted butter

Cara membuat:
  1. Masak air, margarine dan garam sambil diaduk hingga mendidih. Masukkan terigu dan aduk cepat hingga kalis. Matikan api. Dinginkan.
  2. Masukkan telur satu persatu sambil dikocok sampai rata.
  3. Masukkan dalam kantong segitiga, gunting ujungnya sekitar 1 1/2 cm lalu semprotkan memanjang di atas talam bersemir margarin.
  4. Panggang dengan panas oven 200 C atau 400 F selama kurang lebih 25 menit atau sampai kuning kecoklatan. Oven tidak boleh dibuka selama memanggang, akan berakibat turunnya kue.
  5. Sementara itu, untuk filling campur semua bahan kecuali butter lalu saring dan masak sambil diaduk terus sampai mendidih meletup-letup. Masukkan butter, aduk sampai butter lumer dan adonan vla licin. Angkat dari api, tuang di wadah dan tutup dengan cling wrap.Usahakan wadah pas ukurannya dengan jumlah vla sehingga tidak ada ruang antara vla dan cling wrap, supaya tidak terbentuk lapisan di atasnya. Dinginkan.
  6. Setelah matang, kue sus yang sudah dingin tadi, isi dengan adonan vla. Bila diinginkan, bisa dihias dengan coretan dark cooking chocolate yang sudah dilelehkan seperti gambar di atas. Untuk 'eclair aku menambahkan coklat mint untuk coretan setelah kuoles dengan dark cooking seperti gambar di bawah.
Tips : untuk menghasilkan vla yang licin mengkilat, aduk terus adonan pada saat di masak. Pada saat sudah mau mendidih, aduk lebih cepat dengan arah berputar. Vla yang kelihatan nggak rata atau bergumpal-gumpal, perlahan-lahan menjadi licin. Tuang dalam mangkok/wadah. Panas-panas tutup dengan cling wrap sampai menyentuh permukaan vla (jangan ada spacenya) untuk menghindari vla berkulit.


IMPACT RADIO ROHANI

IKLAN

WWW.AXELLA-RESEP.BLOGSPOT.COM)

IKLAN

WWW.AXELLA-RESEP.BLOGSPOT.COM)

Total Tayangan Halaman

Popular Posts

Blog Archive