Rabu, 29 Juni 2016

Sentiling

Bahan :

500 gram singkong parut
110 gram gula pasir
1/2 bungkus agar agar bubuk warna putih.
1 bungkus kecil / 1/2 sendok teh vanili bubuk
175 ml air / air kelapa
1/2 sendok teh garam
1/4 butir kelapa setengah tua untuk taburan, kupas bersih kulit arinya dan parut panjang, campur dengan 1/4 sendok teh garam, lalu kukus selama 15 menit.

Cara Membuat :
Campur semua bahan, kecuali kelapa parut..aduk rata. Lalu blender sampai halus, agar adonan lebih lembut, bening ketika matang  dan tidak ada serat2 singkongnya. Tapi jika menyukai sentiling yang masih terasa serat2 singkongnya..ya tidak usah di blender. Bagi adonan menjadi tiga bagian, timbang sama berat,  masing2 beri pewarna merah,  kuning dan hijau. Lalu letakkan bersebelahan di loyang yang sudah di alasi dengan plastik, atau di loyang kecil2 secara terpisah. Ratakan.Kukus selama 30 menit. Lalu potong2 kecil kotak dengan pisau yang di lapisi plastik supaya rapi potongannya dan gulingkan ke kelapa parut. Sajikan . Dinginkan sebentar di kulkas akan lebih enak.

Tips : 
Resep Sentiling di atas hasilnya manisnya pas..cukup menurutku..tapi jika ada yang suka lebih manis, tambahkan jumlah gula  sesuai selera. Atau bisa juga setelah matang di taburi gula pasir  sedikit bersama dengan taburan kelapa parutnya..rasanya juga  tambah enak dan unik.
Untuk membuat jajan pasar dari singkong..pilihlah singkong yang kesat dan tidak pahit. Ciri singkong yang bagus adalah..kulit bagian dalamnya berwarna pink..dan ketika di kupas gampang , kita tinggal kerat sekali kulitnya, lalu kita tarik  kulitnya.

IMPACT RADIO ROHANI

IKLAN

WWW.AXELLA-RESEP.BLOGSPOT.COM)

IKLAN

WWW.AXELLA-RESEP.BLOGSPOT.COM)

Total Tayangan Halaman

Popular Posts

Blog Archive