Kamis, 23 Juni 2016

Roti Vla with Fruit Cocktail


Water roux :
- 50 gr tepung terigu protein tinggi
- 250 ml air

Bahan :
- 400 gr tepung protein tinggi
- 200 gr tepung protein sedang
- 125 gr gula pasir
- 2 sdm susu bubuk full cream
- 1 butir telur + 1 kuning telur
- 10 gr ragi instan
- 200 gr water roux
- 175 - 200 ml air hangat
- 75 gr margarin
- 1 sdt garam

Bahan Vla :
- 1/2 kaleng susu kental manis
- 600 ml air
- 6 sdm gula pasir (atau sesuaikan selera berdasarkan derajat kemanisan)
- 30 gr tepung custard/maizena
- 30 gr tepung terigu
- 1/2 sdt vanili bubuk
- 1 kuning telur
- 1 sdm salted butter

Cara membuat Vla :

Campur semua bahan kecuali butter lalu saring dan masak sambil terus diaduk sampai meletup letup. Masukkan butter, aduk sampai butter lumer dan adonan vla licin. Angkat dari api, tuang dalam wadah dan tutup dengan clingwrap. Usahakan wadah vla pas ukurannya dengan jumlah vla sehingga tidak ada ruang antara vla dan cling wrap, supaya tidak terbentuk lapisan di atasnya. Dinginkan. Bisa juga adonan vla dibuat setelah roti matang sehingga bisa langsung diisikan panas panas. Akan lebih bagus bentuknya.
    Cara membuat roti :
    1. Water roux : dalam panci, campur air dan tepung terigu. Aduk rata sampai halus dan tidak bergerindil. Masak dengan api sedang sampai kental. Jangan sampai mendidih. Sisihkan hingga dingin.
    2. Roti : tuang semua bahan kering kecuali margarin dan garam ke dalam mixer. Masukkan campuran water roux, air dan telur ke dalamnya. Nyalakan mixer dan proses hingga kalis. Tambahkan margarin dan garam lalu mixer lagi sampai elastis. Bisa juga dilanjutkan menggunakan tangan agar teksturnya bisa terasa kalau sudah elastis. Kalau terlalu kering bisa ditambahkan sedikit air, tapi kalau terlalu lembek bisa ditambahkan sedikit tepung.
    3. Tutup dengan cling wrap dan fermentasikan sampai mengembang 2x lipat.
    4. Ambil adonan sekitar 30 gr. Pipihkan bentuk bulat dan taruh di paper cup. Ambil adonan yang lain seberat 20 gr lalu gulung memanjang. Potong potong dan letakkan di sekeliling adonan dasar tadi. Beri jarak karena nanti pinggirannya akan megembang dan menjadi rapat. Tidak lupa pula letakkan loyang muffin kecil yang diolesi butter dan letakkan pas di tengahnya. Kalau menggunakan paper cup yang besar, adonannya bisa ditambah 2x lipat. Setelah penuh satu loyang letakkan loyang lain yang agak berat di atas loyang roti tadi.
    5. Fermentasikan selama kurang lebih 45 menit tergantung cuaca.  Panggang selama sekitar 15 menit atau sampai atasnya kuning keemasan. Jangan lupa oven dipanaskan terlebih dahulu dengan api 200C atau 400F.
    6. Setelah matang, angkat lalu beri isian vla dan tata fruit cocktail. Supaya mengkilat bisa dikasih sedikit larutan nutrijel yang dimasak bersama air buah kaleng.

    IMPACT RADIO ROHANI

    IKLAN

    WWW.AXELLA-RESEP.BLOGSPOT.COM)

    IKLAN

    WWW.AXELLA-RESEP.BLOGSPOT.COM)

    Total Tayangan Halaman

    Popular Posts

    Blog Archive