Jumat, 24 Juni 2016



Lappa' Lappa'

Bahan :
- 500 gr beras ketan hitam
- 500 gr beras ketan putih (campur dengan beras ketan hitam, cuci dan rendam 2 jam)
- 1000 ml santan dari 1 butir kelapa
- garam secukupnya
- daun kelapa, lipat menjadi 4 bagian
- tali untuk mengikat

Cara membuat :
  1. Didihkan air dalam kukusan, masukkan kedua campuran beras ketan. Kukus selama sekitar 30 menit.
  2. Sementara itu, panaskan santan dan garam jangan sampai mendidih. Tidak perlu diaduk. Cukup sampai panas sekali (santan kentalnya akan terpisah dengan santan encer, yang kental akan berada di lapisan atas dan santan encernya berada dibawah). Pisahkan bagian yang kental dengan cara menyendok lapisan kental yang berada di permukaan dan simpan dalam mangkuk.
  3. Setelah setengah matang, keluarkan beras ketan dan taruh dalam wadah yang agak besar. Ambil sedikit sedikit santan kental. Tuang ke atas beras ketan sambil diaduk. Tambahkan santannya sampai beras dirasa sudah lembab dan kelihatan berminyak. Jangan kebanyak karena nanti nasi akan kelembekan. Kalau kekurangan juga nasinya akan kering dan terhambur serta tidak legit.
  4. Cicipi apabila kurang garam bisa ditambahkan. Garam harus terasa tapi tidak sampai keasinan. Karena pada saat dimasak dan terendam air, rasa asinnya akan berkurang sedikit. 
  5. Siapkan daun kelapa yang telah dibersihkan. Buka lipatan daun kelapa di tengah tengah sehingga membentuk seperti sampan. Rapatkan bagian bawahnya. Sendokkan nasi ketan tadi dan padatkan dengan tangan. Siapkan air dalam wadah, setiap habis memadatkan ketan basahkan tangan agar tidak melengket.
  6. Rapatkan daunnya dan dengan kedua telapak tangan padatkan daun membentuk silinder sambil diurut urut. Setelah padat, ambil seutas tali ikatkan mulai ujung lalu dililit melingkar sampai keujung satunya. Kembali lagi lilit ke ujung yang tadi seperti bersilangan. Ikat membentuk pita (kalau diikat mati kasihan yang mau makan, penuh perjuangan bukanya ^^)
  7. Siapkan air banyak dalam dandang besar. Setelah mendidih masukkan lappa' lappa' dan masak selama 4 jam. Apabila air sudah mulai menyusut, tambahkan lagi dengan air mendidih. 
  8. Setelah matang, angkat dan cuci sebentar di air matang supaya tidak mudah basi. Tiriskan dan angin anginkan. Taruh dalam suhu ruang bisa tahan sampai 3 hari.

IMPACT RADIO ROHANI

IKLAN

WWW.AXELLA-RESEP.BLOGSPOT.COM)

IKLAN

WWW.AXELLA-RESEP.BLOGSPOT.COM)

Total Tayangan Halaman

Popular Posts

Blog Archive