Senin, 20 Juni 2016

Aneka Roti Asin...

Water roux :
- 50 gr tepung terigu protein tinggi
- 250 ml air

Bahan :

- 400 gr tepung protein tinggi
- 200 gr tepung protein sedang
- 100 gr gula pasir
- 2 sdm susu bubuk full cream
- 1 butir telur + 1 kuning telur
- 10 gr ragi instan
- 200 gr water roux
- 175 - 200 ml air hangat
- 75 gr margarin
- 1 sdt garam

Topping :
- abon ayam
- sosis
- tuna kaleng, tiriskan airnya
- mayonaise + sedikit susu kental manis
- saus spaghetti untuk pizza mini
- daun bawang
- oregano bubuk
- merica hitam bubuk
- keju cheddar parut secukupnya

Cara membuat :
  1. Water roux : dalam panci, campur air dan tepung terigu. Aduk rata sampai halus dan tidak bergerindil. Masak dengan api sedang sampai kental. Jangan sampai mendidih. Sisihkan hingga dingin.
  2. Roti : tuang semua bahan kering kecuali margarin dan garam ke dalam mixer. Masukkan campuran water roux, air dan telur ke dalamnya. Nyalakan mixer dan proses hingga kalis. Tambahkan margarin dan garam lalu mixer lagi sampai elastis. Bisa juga dilanjutkan menggunakan tangan agar teksturnya bisa terasa kalau sudah elastis. Kalau terlalu kering bisa ditambahkan sedikit air, tapi kalau terlalu lembek bisa ditambahkan sedikit tepung.
  3. Tutup dengan cling wrap dan fermentasikan sampai mengembang 2x lipat. Untuk roti caterpillar timbang adonan seberat masing masing 60 dan bulatkan. Untuk roti tuna aku timbang 40 gram dan aku bentuk memanjang lalu tengahnya ditoreh/dibelah menggunakan cutter agar rapi, nanti pada saat mau dipanggang diisi dengan tuna lalu semprotan mayonaise. Untuk roti abon juga 40 gr. Aku bentuk kepang lalu disatukan ujung ujungnya seperti donat. Untuk roti pizza cuma dipipihkan bentuk bulat. Resepnya isiannya sudah pernah aku bikin sebelumnya.
  4. Fermentasikan selama kurang lebih 45 menit tergantung cuaca. Panggang selama sekitar 15 menit atau sampai atasnya kuning keemasan. jangan lupa oven dipanaskan terlebih dahulu dengan api 200C atau 400F.

Roti abon...olesi mayonaise lalu tabur abon ayam






IMPACT RADIO ROHANI

IKLAN

WWW.AXELLA-RESEP.BLOGSPOT.COM)

IKLAN

WWW.AXELLA-RESEP.BLOGSPOT.COM)

Total Tayangan Halaman

Popular Posts

Blog Archive