Minggu, 05 Juni 2016

Japanese Cheese Cake


Ini adalah cheesecake versi Jepang. Cakenya yang lembut membuat potongan pertama takkan pernah cukup. Ya,...beda dengan cheese cake Eropa atau Amerika cheesecake ini terasa lebih 'light' untuk orang Asia. Makanya kalau disuruh memilih.....maka pilihanku jatuh ke JCC ini.

Kalau di resep aslinya toppingnya hanya menggunakan selai aprikot. Tapi sebenarnya ia cocok dengan topping apapun. Nah...kali ini kucoba menggunakan blueberry dan aprikot....hmmmm yummyyyy...

Campur & ayak:
- 50 gr tepung terigu serbaguna
- 50 gr tepung maizena

Bahan:
- 60 gr mentega asin
- 250 gr cream cheese (biarkan pada suhu ruang)
- 120 ml whip cream
- 3 kuning telur
- 1 btr telur
- 2 sdt kullit jeruk lemon parut
- 5 pth telur
- 1/8 sdt garam
- 125 gr gula pasir halus
- 1 sdt air jeruk lemon

Topping:
- 2 sdm selai aprikot
- 2 sdm air

Cara membuat:

  1. Siapkan loyang, alasi kertas roti, olesi mentega, pasang oven 150 C atau 300 F.
  2. Campurkan mentega, cream cheese dan whip cream dalam wadah. Didihkan dengan api kecil, aduk hingga lembut, angkat dari api.
  3. Masukkan campuran tepung, aduk rata. Masukkan kuning telur dan satu butir telur, aduk rata. Masukkan kulit jeruk lemon, aduk rata, sisihkan.
  4. Kocok putih telur hingga berbusa, masukkan gula dan air jeruk lemon sedikit-sedikit sambil terus dikocok sampai terbentuk kerucut-kerucut tumpul (tidak kaku).
  5. Tuang 1/3 adonan putih telur ke adonan cream cheese, aduk rata. Tuang campuran ini ke sisa adonan putih telor, aduk rata. Tuang adonan ini ke loyang, panggang dengan cara au bain marie kurang lebih 75 menit sampai permukaan matang, kuning keemasan. Matikan api biarkan panasnya turun perlahan-lahan di dalam oven dengan pintu terbuka. Ini menghindarkan perubahan suhu drastis yang membuat kue menyusut.
  6. Setelah benar-benar dingin, lepaskan cake dari loyang. Panaskan selai aprikot dan air, oleskan ke permukaan cheesecake.

IMPACT RADIO ROHANI

IKLAN

WWW.AXELLA-RESEP.BLOGSPOT.COM)

IKLAN

WWW.AXELLA-RESEP.BLOGSPOT.COM)

Total Tayangan Halaman

Popular Posts

Blog Archive